Breaking News

Adem, Romo Ale Turut Hadir Dalam Pengamanan Salat Idul Adha di Muntilan

MAGELANG, jateng.suaradaerah.id - Momentum perayaan hari keagamaan selalu pas sebagai wadah membangun toleransi antar-umat beragama. Seperti momen perayaan Hari Raya Idul Adha 2023 di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/06/2023).

Pada pelaksanaan salat Idul Adha di Lapangan Pemda Muntilan yang dilaksanakan pihak Muhammadiyah, tampak suasana toleransi yang indah diperlihatkan di lokasi itu. Tidak kurang dari 3.000 jamaah memadati lapangan hingga meluber ke halaman Gereja Katolik Santo Antonius yang lokasinya tidak jauh dari lapangan itu.

Menariknya, Romo Ale SJ (Romo Dian Permana) dari Gereja Katolik Santo Antonius Muntilan turut serta bergabung dalam menjaga keamanan. Bahkan ikut menyambut para umat muslim yang datang salat Idul Adha dan menyalami jamaah. 

Kapolsek Muntilan Polresta Magelang Polda Jateng AKP Abdul Muthohir, S.H., M.H. ditemui di lokasi saat memimpin pengamanan tersebut mengatakan kehadiran Romo Ale SJ salah satu simbol toleransi yang indah di Kabupaten Magelang, khususnya di wilayah Kecamatan Muntilan. 

"Adem rasanya. Pelaksanaan salat Idul Adha ini, kita hadir melakukan pengamanan bersama Romo Ale SJ. Inilah wujud toleransi antarumat beragama," kata AKP Abdul Muthohir. 

Selain dihadiri Romo Ale, pihak gereja setempat juga memfasilitasi lokasi parkir roda dua dan roda empat bagi umat muslim yang datang salat Idul Adha di halaman gereja. 

Menurut Kapolsek Muntilan, kegiatan seperti ini menunjukkan betapa pentingnya keberagaman dan kerukunan dalam kehidupan masyarakat. Para pemimpin agama seperti yang tunjukkan oleh Romo Ale merupakan contoh yang baik bagi generasi muda dan masyarakat luas.

Sementara itu, panitia menyebutkan bahwa jumlah jamaah yang ikut salat Idul Adha di Lapangan Pemda sebanyak 3.000 dengan Imam dan Khotib salat Idul Adha yakni Ustad Dr. H. Immawan Wahyudi, Dosen Universitas Ahmad Dahlan DIY. (One)

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close