Breaking News

Rayakan Tahun Baru Islam, Desa Kaliputu Kudus Gelar Kirab Budaya "Tebokan Jenang"

 

Kirab Budaya "Tebokan Jenang" Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus berlangsung meriah, Rabu (19/07/2023). (foto: Alamsyah)

KUDUS, Suara Daerah - Memperingati Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah, warga Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, menggelar tradisi Kirab Budaya “Tebokan Jenang”. Kirab dimulai dari makam leluhur Mbah Depok menuju Balai Desa Kaliputu, Rabu (19/07/2023).

Ratusan warga begitu antusias memadati sepanjang jalan Sosrokartono demi melihat gelar acara tahunan tersebut. Tua muda, pria wanita tumpah ruah berjajar di sepanjang jalan rute kirab.

Setelah sampai di Balai Desa Kaliputu, kemudian peserta kirab melakukan doa bersama, dilanjutkan kemeriahan berebut gunungan Tebokan Jenang yang diarak. Berdesakan pengunjung ingin  mendapatkan jenang yang berkharomah itu.

Kepala Desa Kaliputu Widiyo Pramono mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya giat acara tahunan tersebut.

"Alhamdulillah acara dapat berjalan dengan baik dan sukses," ucap Widiyo Pramono.

Tradisi Budaya Tebokan Jenang, lanjutnya, merupakan program tahunan Pemerintah Desa Kaliputu, yang pelaksanaannya memang kami selenggarakan setiap tanggal 1 Muharram,lanjut Widiyo 

"Pelaksanaan Kirab Budaya tahun 2023 ini, sejumlah 18 RT kami wajibkan untuk mengikuti lomba hias tebok. Dengan tujuan untuk nguri-uri (melestarika, red) budaya. Bahwa apa pun nama jenangnya sejarah terciptanya jenang di Kudus berawal dari Desa Kaliputu,” pungkasnya.

Sementara itu, ketua Paniatia Kegiatan, Aris Pramono, mengungkapkan walaupun persiapan kegiatan ini kurang dari satu bulan, namun dirinya yakin dapat berjalan dengan aman, lancar, dan sukses.

“Karena banyak dukungan dari berbagai pihak yang telah kami koordinasikan dengan baik," terangnya.

Lebih lanjut Aris menambahkan, peserta Kirab Tebokan Jenang ada 300 lebih yang terdiri dari sekolah dan madrasah yang ada di Desa Kaliputu.

"Untuk peserta pada kegiatan tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya," imbuhnya.

Di tempat terpisah, Supriyono, anggota panitia Seksi Acara yang sekaligus Ketua Pokdarwis berharap  kegiatan seperti ini untuk bisa dikolaborasikan dengan kegiatan yang lain. Yang diharapkan dapat meningkatkan ekonomi warga Desa Kaliputu.

"Semoga ke depan kegiatan Kirab Tebokan Jenang bisa dilaksanakan dalam waktu yang lama. Misalnya dengan mengadakan pasar murah, tempat permainan dan lain-lain. Kami juga mengucapkan ‘selamat dan sukses’ untuk RT 01 RW 01 sebagai Juara Satu Lomba Hias Tebok Jenang tahun ini,” ucap Supriyono. (Als)

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close