Breaking News

Yuk Kunjungi dan Nikmati Pesona Candi Selogriyo di Windusari Magelang

 

Sejumlah wisatawan hiking menuju Candi Selogriyo di Campurejo, Kembangkuning, Windusari, Magelang. (foto: NarOne)

MAGELANG, Suara Daerah Kabupaten Magelang merupakan menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang kaya akan peninggalan sejarah berupa candi. Selain Candi Borobudur yang telah menjadi destinasi super prioritas, banyak candi yang berdiri di hampir seluruh wilayah kecamatan, dan layak dikunjungi.

Salah satunya adalah Candi Selogriyo yang berada di wilayah Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Mengunjungi candi di lereng gunung Sumbing ini, selain sebagai kegiatan berwisata, juga sebagai edukasi pengunjung untuk menambah wawasan kepurbakalaan.

Candi Selogriyo ini menjadi salah satu candi yang dibangun pada masa Mataram kuno, ini menjadi bukti adanya perkembangan agama Hindu dan Budha di Indonesia. Situs Candi Selogriyo ini tercacat di Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah dengan regristrasi SHP No. 00001/Selogriyo, juga dilindungi oleh UU RI No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Lokasi Candi Selogriyo berada di wilayah Dusun Campurejo, Desa kembangkuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Menuju lokasi ini, pengunjung akan disuguhi panorama yang menawan, seperti terasering persawahan dan pegunungan berhutan pinus. Hembusan angin sejuk mampu membuat perjalanan tidak terasa lelah, menawarkan sensasi bagi wisatawan yang gemar hiking, meskipun ke candi ini juga dapat ditempuh dengan bersepeda motor.

Candi Selogriyo. (foto: NarOne)

Di lokasi, selain mempelajari sejarah dan budayanya, wisatawan juga dapat berswafoto di lokasi candi dan di beberapa spot foto menarik yang disediakan oleh pengelola. Fasilitas umum lain seperti toilet juga dirawat dan dapat digunakan dengan baik oleh wisatawan yang berkunjung.

Menuju Candi Selogriyo, bagi wisatawan yang dari arah Semarang, sampai di lampu merah Payaman Secang ambil arah kanan, arah Windusari menuju ke selatan arah Desa Kembangkuning. Pengunjung dari arah Yogyakarta, sampai di Alun-Alun Kota Magelang ambil arah ke kiri, menuju Bandongan.

Sementara yang dari arah Purworejo, sampai pertigaan Krasak Salaman bisa ambil arah Kaliangkrik-Bandongan-Windusari. Atau pertigaan Pasar Tempuran (Babrik) ke kiri arah Bandongan-Windusari. Pengunjung bila sudah sampai pertigaan Bandongan ambil arah Windusari menuju Desa Kembangkuning tempat Candi Selogriyo berada. (One)

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close