Breaking News

Bersama Pihak Terkait, Polsek Windusari Aktif Cegah Tawuran Antarpelajar

 

Suasana Rakor Pencegahan Kerawanan Tawuran Antarpelajar, bertempat di SMK Negeri 1 Windusari, Kabupaten Magelang, Selasa (08/08/2023). (foto: Devina)

MAGELANG, Suara Daerah - Dalam rangka mencegah terjadinya aksi tawuran antarpelajar Polsek Windusari Polresta Magelang Polda Jawa Tengah terus melakukan berbagai upaya. Salah satunya mengikuti Rapat Koordinasi Pencegahan Kerawanan Tawuran Antarpelajar di Kawasan “Segitiga Emas”, bertempat di SMK Negeri 1 Windusari, Selasa (08/08/2023).

Kawasan “Segitiga Emas” yang dimaksud adalah dua SMK di wilayah Kabupaten Magelang dan satu SMK di wilayah Kota Magelang. Masing-masing SMK Negeri 1 Windusari, SMK Muhammadiyah Bandongan dan SMK Yudha Karya (Kota Magelang).

Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan Kerawanan Tawuran Antarpelajar di Kawasan “Segitiga Emas” dihadiri oleh Kapolsek Windusari AKP Sutarman, Kapolsek Secang AKP Rinto Sutopo, S.H., M.M., dan Kapolsek Bandongan diwakili Kanit Samapta Ipda Ebdiansyah. Serta hadir Kapolsek Magelang Utara Polres Magelang Kota Kompol Purwanto, S.H., M.H.

Selain itu, hadir mengikuti Rakor, KBO Sat Binmas Polresta Magelang Ipda Edy P. R.  bersama Kanit Bintibmas Polresta Magelang Iptu Anjar Prahasto, S.H. Kemudian Danramil 04/ Windusari diwakili Batuut Serma Suripto, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Windusari Agus Santoso, S.Pd bersama Waka Kesiswaan dan Guru BK (Bimbingan dan Konseling). Serta Waka Kesiswaan dan Guru BK dari SMK Muhammadiyah Bandongan, Waka Kesiswaan dan Guru BK dari SMK Yudha Karya, serta Babinsa Banjarsari Serka Mustofa.

Selaku tuan rumah, dalam sambutannya Kepala SMK Negeri 1 Windusari Agus Santoso, S.Pd mengapresiasi atas partisipasi peserta Rakor dalam rangka merumuskan bersama terkait pencegahan kerawanan tawuran antarpelajar. Di mana aksi tawuran sering terjadi di wilayah Windusari, Bandongan, Magelang Utara dan Secang.

“Melalui Rakor ini kita bersama merumuskan langkah-langkah dan upaya pencegahan. Sehingga kesepakatan kita hari ini dapat mendukung dan memperkuat upaya dan langkah yang telah dilakukan oleh pihak masing-masing sekolah. Sehingga kita berharap ke depan tidak terjadi lagi aksi tawuran antarpelajar,” ucap Agus Santoso.

Sementara Kapolsek Windusari AKP Sutarman menyampaikan dalam mencegah terjadinya tawuran antarpelajar di wilayah hukumnya, Polsek Windusari telah melakukan berbagai upaya dan tindakan. Secara Preemtif dengan melakukan pembinaan (Binluh) di sekolah-sekolah, secara Preventif, pihaknya melakukan patroli tempat-tempat rawan, pengaturan dan pengawalan saat kepulangan para pelajar dari sekolah.

“Secara terkoordinasi, Polsek Windusari juga melakukan Razia di sekolah dengan melibatkan pihak sekolah, para guru dan pihak Koramil Windusari. Sedangkan tindakan Represif pun sudah dilakukan bagi pelajar yang terbukti melanggar hukum,” terang AKP Sutarman.

Rakor berlangsung lancar mulai pukul 09.15 WIB hingga pukul 13.00 WIB dan menghasilkan beberapa kesepakatan sebagai rumusan langkah-langkah pencegahan aksi tawuran antarpelajar. Antara lain, Satu, Pihak sekolah akan memberikan data para siswa yang terindikasi terlibat dalam kelompok Geng ke Polsek setempat, guna dilakukan Binluh atau Bin Karakter.

Dua, Setiap ada akun IG yang dibuat oleh kelompok pelajar tersebut segera dilaporkan ke Polsek. Tiga, Segera laporkan setiap ada info terkait aksi tawuran, termasuk titik kumpul dan penghadangan. Empat, Pihak sekolah akan bekerjasama dengan Forkopimcam setempat untuk melakukan Razia pelajar secara terkoordinasi dan berkelanjutan.

Lima, Pihak sekolah akan melakukan "Deklarasi Damai" Kawasan Segi Tiga Emas (SMK Negeri 1 Windusari, SMK Muhammadiyah Bandongan dan SMK Yudha Karya Kota Magelang). Kegiatan “Deklarasi Damai” akan dilaksanakan secepatnya dalam minggu  ini dan akan menghadirkan perwakilan siswa dan Forkopimcam. Enam, Pembuatan banner imbauan Penolakan Aksi Tawuran yang kemudian dipasang di masing-masing sekolah.

“Kita semua berharap dengan rumusan yang telah kita sepakati, ke depan tidak terjadi lagi aksi tawuran antarpelajar di mana pun, terlebih di Kawasan Segitiga Emas. Kita berharap para pelajar tetap fokus dalam belajar dan menuntut ilmu untuk masa depan mereka,” harap Kapolsek Windusari AKP Sutarman. (Devina)

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close