Breaking News

Kirab Budaya Mbah Jenggolo Desa Wisata Janggalan Kudus Berlangsung Meriah

 

Kirab Budaya Mbah Jenggolo di Desa Janggalan Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus Jawa Tengah diikuti 1.150 peserta berlangsung meriah, Minggu (06/08/2023). (foto: Alamsyah)

KUDUS, Suara Daerah - Kali kedua kirab Mbah Jenggolo Desa Janggalan Kota Kudus, Jawa Tengah tampak begitu semakin meriah dan atraktif, Minggu (06/08/2023). Kirab diberangkatkan langsung oleh Camat Kota Kudus, Andreas, dengan rute dari halaman Masjid Al-Muamm'ar dan berakhir di area komplek Makam Punden Mbah Jenggolo.

Sebanyak 1.150 peserta dari seluruh lapisan warga masyarakat Desa Jenggolo sebanyak 13 RT dar dua RW, terbagi menjadi 26 kontingen. Mereka akan berlaga adu kekompakan, kebolehannya atas tema yang diusung demi kemeriahan Kirab Budaya Mbah Jenggolo.

Kepala Desa Janggalan, Noor Azis dalam sambutannya mengucapkan terima kasih untuk semua tamu undangan. Tak lupa ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Panitia Kegiatan telah mencurahkan segala tenaga dan pikiran demi suksesnya acara Kirab Budaya Mbah Jenggolo Desa Janggalan.

Kepala Desa Janggalan, Noor Azis saat pemberangkatan Kirab Budaya Mbah Jenggolo. (foto: Alamsyah)

“Tahun ini sedikit ada sentuhan yang berbeda dibanding tahun kemarin. Di mana kirab tahun ini kita adakan penilaian untuk setiap peserta guna mendapatkan juara. Perlombaan inilah yang menambah antusias warga dan menambah maraknya suasana," ungkap Kades Janggalan Noor Azis.

Sementara itu Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Budpar) Tika memberikan apresiasi atas kekompakan dan kejelasan tema yang disuguhkan dalam Kirab Budaya Mbah Jenggolo di tahun ini.

"Adalah tepat bila Bupati Kudus Hartopo, memberikan SK Desa Wisata untuk Desa Janggalan ini dan dengan apa yang saya lihat atas kesuksesan acara ini. Maka, saya berjanji nanti di tahun 2024 akan saya usulkan untuk dapat dana bantuan Dana Desa Wisata demi lebih maju wisatanya Desa Janggalan ini," ujarnnya.

Kirab Budaya Mbah Jenggolo berlangsung menarik dan ribuan masyarakat luar desa pun berduyun-duyun menghadirinya. Hal itu membuat susasa Desa Janggalan sangat ramai dengan pengunjung yang tumpah ruah.

Diketahui usai Kirab Budaya Mbah Jenggolo diumumkan kontingen pemenangnya. Disebutkan Tim RT 03/RW 01 keluar sebagai Juara I dengan penampilan Seni Barong.

“Alhamdulillah, tak menyangka kami maeraih Juara I. hal itu sebagai buah dari apa yang dilakukan tim kami. Yang mana setiap latihan selalu saya tekankan untuk melakukan dengan rasa senang dan diresapi ke dalam jiwa, maka hasilnya akan maksimal,” ungkap Ngudi Hartono, Pimpinan Seni Barong RT 01 ini dengan bangga. (Als)


Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close